Butir
Soal dan Kunci Jawaban
1. Pak Ali ingin melihat keseriusan
siswanya dalam mata pelajaran IPS dengan cara mendiskusikan suatu topik kasus
kesenjangan sosial di masyarakat. Kegiatan diskusi tersebut membuat Riri
semangat karena dilingkungannya banyak orang miskin, dan yang dia lihat ada
balita kekurangan gizi. Pada contoh tersebut Pak Ali sedang menerapkan prinsip
belajar …
A. perhatian
B. motivasi
C. aktivitas
D. perbedaan individual
Jawab :A. Benar, karena perhatian dapat memusatkan pikiran dan perasaan
2. Berbagai cara kerja yang bersifat
relatif umum yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran disebut ….
A. metode mengajar
B. strategi pembelajaran
C. teknik pembelajaran
D. pendekatan pembelajaran
Jawab : A. Benar, karena sesuai dengan definisinya
3. Proses internal yg digunakan
seseorang untk memilih dan mengubah cara-cara memberikan perhatian, belajar,
mengingat, dan berpikir sebagai suatu proses kontrol pada komponen tujuan
pembelajaran menurut Gagne, Briggs, dan Wagner termasuk dalam kemampuan …
A. keterampilan intelektual
B. strategi kognitif
C. informasi
verbal
D. sikap
Jawab :B. Benar, karena sangat mempengaruhi keterampilan intelektual
seseorang
4. Strategi pembelajaran yang
didasarkan atas kegiatan siswa sebagai pengolah pesan dan guru sebagai
fasilitator termasuk strategi pembelajaran ….
A. ekspositori
B. deduktif
C. heuristic
D. induktif
Jawab :C. Benar, karena siswa yang aktif mencari dan mengolah bahan
pelajaran
5
Salah
satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam belajar adalah
lingkungan keluarga, yaitu ….
A. teman di rumah
B. pembantu yang suka mengajarkan siswa
C. perhatian orang tua terhadap belajar siswa
D. paman yang kadang-kadang bisa mengajarkan siswa
Jawab :C. Benar, karena perhatian orang tua sangat memperngaruhi
keberhasilan anak
6. Seorang anak dipandang memiliki kecerdasan intrapribadi yang tinggi
apabila ....
A. mampu mempersepsi dunia ruang visual secara akurat
B. mampu merespons suasana hati
C. mampu memotivasi orang lain
D. mampu mengimajinasikan impian dan gagasan diri sendiri
Jawab :D. Benar, karena impian dan gagasan diri sendiri merupakan salah
satu bentuk kecerdasan intrapribadi
7. Pembelajaran konkret yang berkenaan dengan fakta dan kejadian di
sekitar lingkungan siswa lebih sesuai diberikan pada siswa kelas …
A. 5
B. 6
C. 3
D. 4
Jawab :C. Benar, karena kelas 3 memang cocok untuk pembelajaran konkret
8. Penerapan membelajarkan konsep dan generalisasi pada pembelajaran
kelas tinggi dapat dilaksanakan secara …
A. logis dan sistematik
B. konkret dan interaktif
C. produktif dan inisiatif
D. formal dan informal
Jawab :A. Benar, karena esensi proses pembelajaran kelas tinggi adalah
suatu pembelajaran yang dilaksanakan secara logis dan sistematik untuk
membelajarkan konsep dan generalisasi
9. Pengalaman merupakan proses belajar yang paling baik ketika siswa
pernah memperoleh label untuk sesuatu yang dipelajari. Pengalaman tersebut
merupakan prinsip belajar …
A. kolaboratif
B. kuantum
C. kooperatif
D. tematik
Jawab :B. Benar, karena merupakan salah satu prinsip utama dari
prinsip-prinsip kuantum
10. Strategi untuk mengingat dan mengasimilasi informasi merupakan salah satu
rumpun model pemerosesan informasi ....
A. sinetik
B. mnemonic
C.
berpikir induktif
D. inkuiri ilmiah
Jawab :B. Benar, karena siswa dapat dengan mudah menyerap informasi
11. Memberitahukan tujuan yang diharapkan atau garis besar materi yang akan
dipelajari dirancang untuk menentukan kegiatan awal pembelajaran dalam hal …
A. menimbulkan motivasi siswa
B. membuat kaitan
C. melaksanakan
tes awal
D. memberi acuan
Jawab :D. Benar, karena merupakan salah satu kegiatan dari memberi acuan
12. Dalam pembelajaran individual hendaknya guru harus memperhatikan prinsip
....
A. sistematis
B. kerjasama
C. belajar tuntas
D. perhatian
Jawab :C. Benar, karena dapat membantu proses pembelajaran yang mengarah
pada optimalisasi kemampuan siswa secara individu
13. Yang harus dilakukan guru dalam kegiatan akhir pembelajaran adalah …
A. memberikan tugas dan latihan-latihan
B. meninjau kembali penguasaan siswa
C. memberikan motivasi
D. memberikan bimbingan belajar
Jawab :B. Benar, karena meninjau kembali penguasaan siswa merupakan salah
satu kegiatan akhir pembelajaran
14. Pada karakteristik bahan pelajaran/materi pelajaran, substansi isi materi
pelajaran yang berhubungan dengan aturan, dalil, hukum, ketentuan, dan prosedur
yang harus ditempuh merupakan termasuk dalam aspek …
A. konsep
B. fakta
C. nilai
D. prinsip
Jawab :D. Benar, karena aspek prinsip merupakan substansi isi materi
pelajaran yang berhubungan dengan aturan, dalil, hukum, ketentuan, dan prosedur
yang harus ditempuh
15. Kemampuan dasar berkomunikasi
dan berperan merupakan kemampuan siswa sebagai prasyarat untuk mengoptimalkan
metode ....
A. diskusi
B. demonstrasi
C. simulasi
D. eksperimen
Jawab :C. Benar, karena siswa mampu berkomunikasi dan berperan
16. Pada mata pelajaran IPA, Pak Ali memberi tugas kepada siswanya untuk
membawa lampu senter, baterai, kabel, cutter, isolasi untuk membuat penerangan
ruangan melalui percobaan serta mengamati secara proses. Contoh di atas
mengisyaratkan bahwa Pak Ali sedang memberi pengalaman kepada siswanya dengan
memakai metode …
A. demonstrasi
B. eksperimen
C. diskusi
D. simulasi
Jawab :B. Benar, karena metode eksperimen adalah materi yang disajikan
atau dibahas melalui percobaan serta diamati secara proses
17. Salah satu fungsi media pembelajaran adalah ….
A. sebagai alat hiburan
B. peralatan dan pesan yang disampaikan dalam satu kesatuan yang utuh
C. membuat konkret konsep-konsep yang abstrak
D. meningkatkan kualitas proses belajar mengajar
Jawab :D. Benar, karena merupakan salah satu fungsi media pembelajaran
18. Salah satu faktor dalam memilih media pembelajaran yang tepat adalah
objektivitas, maksudnya pemilihan media…
A. jangan didasari oleh kesenangan pribadi semata
B. sudah memenuhi syarat-syarat teknis
C. disesuaikan dengan rencana pembelajaran
D. melihat situasi dan kondisi tempat dan ruangan belajar
Jawab :A. Benar, karena faktor objektivitas harus terhindar dari
pemilihan media yang didasari oleh kesenangan pribadi
19. Dalam mempelajari kebudayaan dan kesenian daerah, pemilihan lingkungan yang
tepat sebagai sumber belajar adalah ....
A. TMII
B. Karang Taruna
C. Museum
D. Kantor Gubernur
Jawab :A. Benar, karena TMII merupakan lingkungan sosial yang berkenaan
dengan interaksi siswa dalam kehidupan bermasyarakat
20. Mengungkapkan kembali pertanyaan dengan cara lain yang lebih mudah dan
sederhana sehingga dapat dipahami oleh siswa (memparafrase) dalam keterampilan
bertanya dasar merupakan komponen …
A. pengungkapan pertanyaan secara jelas dan singkat
B. pemberian tuntunan
C. penyebaran
D. pemberian acuan
Jawab :B. Benar, karena pertanyaan yang tidak dapat dijawab siswa guru
tidak boleh tinggal diam, guru harus memberi tuntunan yang memungkinkan siswa
mampu membri jawaban yang diharapkan
21. Menghindari atau mengurangi pertanyaan yang hanya dijawab oleh seorang
siswa, sebagai gantinya siswa diminta mendiskusikan jawaban pertanyaan tersebut
dalam pasangan atau kelompok kecil. Cara tersebut merupakan salah satu cara
dalam keterampilan bertanya lanjut pada komponen …
A. pengubahan tuntutan kognitif dalam menjawab pertanyaan
B. pengaturan urutan pertanyaan
C. penggunaan pertanyaan pelacak
D. peningkatan terjadinya interaksi
Jawab :D. Benar, karena merupakan salah satu cara dalam peningkatan
terjadinya interaksi
22. Dalam kegiatan pembelajaran, tujuan memberikan penguatan terdiri dari,
kecuali ….
A. meningkatkan perhatian siswa
B. memudahkan siswa belajar
C. menumbuhkan rasa percaya diri pada siswa
D. mendorong munculnya perilaku yang negatif
Jawab :D. Salah, karena tujuan memberi penguatan mendorong munculnya
perilaku yg positif
23. Pak Ali memberikan pertanyaan kepada salah seorang siswanya bagaimana
proses terjadinya hujan, siswa tersebut menjawab dengan tepat sehingga Pak Ali
puas. Lalu pak Ali mengacungkan jempol kepada siswa yang menjawab dengan tepat.
Tindakan pak Ali tersebut merupakan memberi penguatan non verbal dengan cara …
A. mimik dan gerakan badan
B. gerak mendekati
C. sentuhan
D. kegiatan yang menyenangkan
Jawab :A. Benar, karena mengacungkan jempol menandakan kepuasan guru
sebagai penguatan dengan cara gerakan badan
24. Dalam kegiatan pembelajaran, tujuan mengadakan variasi terdiri dari,
kecuali ….
A. melayani gaya belajar siswa yang beraneka ragam
B. meningkatkan keaktifan atau keterlibatan siswa dalam kegiatan
pembelajaran
C. memelihara iklim kelas yang kondusif
D. menghilangkan kebosanan siswa dalam belajar
Jawab :C. Salah, karena merupakan salah satu tujuan memberi penguatan
25. Pak Ali mengajukan pertanyaan
kepada salah seorang siswa yang sedang sibuk sendiri, setelah berdiam sejenak
sambil memandang siswa yang sibuk sendiri pak Ali kemudian menunjuk siswa yang
sibuk sendiri. Contoh tersebut dilakukan pak Ali untuk mengadakan variasi dalam
bentuk …
A. variasi suara
B. pemusatan perhatian
C. kesenyapan
D. mengadakan kontak pandang
Jawab :C. Benar, karena variasi dari keadaan ada suara ke kesenyapan yang
tiba-tiba akan memberi pengaruh kepada siswa
26. Kegiatan menjelaskan pada keterampilan menjelaskan bertujuan untuk ....
A. meningkatkan keterlibatan siswa dalam memecahkan berbagai masalah
melalui cara berfikir yang lebih sistematis
B. membimbing siswa menjawab pertanyaan “apa” yang muncul dalam proses
pembelajaran
C. mengatasi kekurangan berbagai sumber belajar
D. memperkirakan tingkat pemahaman siswa terhadap penjelasan yang
diberikan guru
Jawab :A. Benar, karena merupakan salah satu tujuan keterampilan
menjelaskan
27. Pada mata pelajaran Matematika, Pak Ali memberi tugas kepada siswanya untuk
mengerjakan soal menghitung luas suatu bidang. Lalu Pak Ali memberikan rumus
tentang menghitung luas suatu bidang. Dalam contoh tersebut Pak Ali sedang
memberikan keterampilan merencanakan penjelasan dalam bentuk …
A. menganalisis karakteristik penerima pesan
B. merencanakan isi pesan
C. pemberian tekanan
D. penggunaan contoh dan ilustrasi
Jawab :B. Benar, karena merupakan salah satu merencanakan isi pesan dalam
hal menelaah hukum, rumus, dan prinsip atau generalisasi
28. Tujuan keterampilan membuka pelajaran adalah memberikan gambaran yang jelas
tentang batas-batas tugas yang harus dikerjakan siswa, sedangkan tujuan
keterampilan menutup pelajaran adalah ....
A. menyiapkan mental siswa untuk memasuki kegiatan inti
B. mengetahui nilai siswa dalam kegiatan pembelajaran
C. mengetahui keberhasilan siswa dan guru dalam kegiatan pembelajaran
D. mengetahui keberhasilan guru dalam memberikan evaluasi
Jawab :C. Benar, karena merupakan salah satu tujuan keterampilan menutup
pelajaran
29. Pada mata pelajaran Sains, Pak Ali membawa alat bantu mengajar berupa model
“Rangka tubuh manusia”. Pada kegiatan tersebut Pak Ali sudah menerapkan
keterampilan membuka pelajaran dengan cara …
A. menimbulkan motivasi
B. menarik perhatian
C. memberi acuan
D. membuat kaitan
Jawab :B. Benar, karena menggunakan alat bantu mengajar merupakan salah satu
cara menarik perhataian pada komponen membuka pelajaran
30. Pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Ibu Ani membacakan cerita tentang “Udi
Berusaha Jujur”. Pada akhir cerita Ibu Ani memberi tugas untuk membuat
ringkasan dari cerita tersebut. Ringkasan cerita tersebut merupakan penerapan
komponen keterampilan menutup pelajaran dalam hal …
A. menilaiB. memberi tindak lanjutC. meninjau kembali
D. membuat kaitan
Jawab :C. Benar, karena dalam meninjau kembali ada dua cara, yaitu;
merangkum inti pelajaran dan membuat ringkasan pada keterampilan menutup
pelajaran
31. Kegiatan yang dilakukan guru dalam membuka dan menutup pelajaran harus
relevan dengan materi yang akan dibahas dan sesuai dengan karakteristik siswa
sehingga mampu mencapai tujuan yang diharapkan. Kegiatan yang dilakukan guru
tersebut sesuai dengan prinsip ….
A. berurutan
B. berkesinambungan
C. keterkaitan
D. bermakna
Jawab :D. Benar, karena sesuai dengan definisi prinsip bermakna
32. Dalam sebuah diskusi Pak Ali melihat Budi terlalu aktif dengan mendominasi
seluruh pertanyaan dan pandangannya tentang terjadinya banjir. Dengan bijaksana
lalu Pak Ali mencegah monopoli yang dilakukan Budi. Pencegahan yang dilakukan
Pak Ali sesuai dengan keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil pada komponen
....
A. memperjelas masalah
B. menganalisis pandangan
C. menyebarkan kesempatan berpartisipasi
D. menguraikan pendapat
Jawab :C. Benar, karena merupakan salah satu cara menyebarkan kesempatan
berpartisipasi
33. Pada mata pelajaran KTK terjadi kegaduhan dengan adanya gangguan di luar
kelas, melihat hal ini lalu Pak Ali melihat setiap siswa dengan seksama untuk
melakukan interaksi dengan seluruh siswanya, baik secara individu maupun secara
kelompok. Dalam keterampilan mengelola kelas, hal yang dilakukan Pak Ali adalah
....
A. menunjukkan sikap tanggap
B. membagi perhatian
C. memberi penguatan
D. memberikan petunjuk yang jelas
Jawab :A. Benar, karena sikap tanggap guru dapat ditunjukkan dengan
cara memandang secara seksama
34. Dalam keterampilan mengelola kelas yang harus diperhatikan guru agar
efektif adalah ....
A. menekankan hal-hal yang positif
B. tindakan dan kata-kata guru dapat menggugah siswa untuk belajar
C. penggunaan variasi dalam mengajar
D. mengulangi penjelasan yang tidak perlu
Jawab :D. Salah, karena merupakan hal-hal yang harus dihindari oleh guru
35. Sebelum memberi tugas Pak Ali terlebih dahulu menjelaskan tugas yang harus
dikerjakan. Hal ini merupakan sikap tanggap Pak Ali terhadap proses kerja siswa
pada awal dimulainya tugas tersebut, dengan cara mendekati setiap siswa yang
belajar secara perorangan, apakah semua sudah berjalan lancar dan memadai.
Kegiatan yang dilakukan Pak Ali merupakan komponen keterampilan mengajar
kelompok kecil dan perorangan dalam hal ....
A. mengadakan pendekatan secara pribadi
B. membimbing dan memudahkan belajar
C. mengorganisasikan kegiatan pembelajaran
D. merencanakan dan melakukan kegiatan pembelajaran
Jawab :B. Benar, karena mengembangkan supervisi proses awal merupakan
salah satu komponen dalam keterampilan membimbing dan memudahkan belajar
36. Fungsi akselerasi dalam kegiatan remedial adalah ....
A. guru dapat mengatasi kesulitan siswa yang berkaitan dengan aspek
sosial-pribadi
B. guru dapat mempercepat penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran
C. kegiatan remedial disesuaikan dengan kesulitan dan karakteristik siswa
D. memperbaiki cara mengajar dan cara belajar
Jawab :B. Benar, karena sesuai dengan definisi fungsi akselerasi
37. Dalam suatu diskusi, ada satu kelompok yang mengalami kesulitan pada konsep
dasar tentang terjadinya banjir. Lalu guru menjelaskan kembali terjadinya
banjir. Kegiatan yang dilaksanakan guru tersebut merupakan bentuk kegiatan
remedial ....
A. tutorial
B. sumber yang relevan
C. kegiatan kelompok
D. mengajarkan kembali
Jawab :A. Benar, karena tutorial merupakan kegiatan guru meminta bantuan
kepada siswa yang pandai
38. Adi dalam kegiatan pengayaan membantu menjelaskan kepada siswa lain dalam
memahami proses terjadinya gerhana bulan. Jenis kegiatan pengayaan yang
dilakukan melalui Adi terhadap teman-temannya adalah mengembangkan ....
A. media pembelajaran
B. latihan
C. sumber pembelajaran
D. tutor sebaya
Jawab :D. Benar, karena tutor sebaya membantu siswa lain memahami materi
pelajaran dalam menambah wawasan pengetahuan siswa
39. Dalam melaksanakan kegiatan pengayaan, menurut Arikunto faktor yang
harus diperhatikan guru pada siswa adalah ....
A. kegiatan di luar kelas lebih disukai oleh siswa
B. kegiatan yang disukai siswa hanya di belakang meja
C. kegiatan yang sifatnya penjelasan
D. kegiatan yang menuntut waktu lama
Jawab :A. Benar, karena kegiatan di luar kelas lebih disukai oleh siswa
daripada kegiatan di dalam kelas
40. Pak Ali memberi tugas kepada siswa kelas V untuk meringkas cerita tentang
terjadinya gerhana. Setelah ringkasan dikumpulkan, Pak Ali memeriksa ringkasan
Budi, hasilnya sangat bagus, dan memuji ringkasan Budi. Ketika memeriksa
ringkasan Adi, Pak Ali merasa ringkasan Adi kurang baik dan tidak lengkap. Lalu
Pak Ali meminta Adi untuk memperbaiki ringkasannya. Kegiatan Pak Ali dalam
memberi tugas kepada Adi merupakan kegiatan pengelolaan kelas didasarkan pada
pendekatan ....
A. iklim sosio-ekonomi
B. iklim sosio-emosional
C. proses kelompok
D. modifikasi tingkah laku
Jawab :
D. Benar, karena contoh kegiatan tersebut membantu siswa mempelajari
tingkah laku yang diharapkan melalui penerapan prinsip- prinsip yang berasal
dari teori penguatan
41. Di tengah-tengah inti pembelajaran, Pak Ali memberi pertanyaan “Bagaimana
proses terjadinya hujan” kepada Susi, sejenak Susi berpikir, lalu teman yang
lain mencemoohkan agar Susi cepat menjawab. Padahal pertanyaan itu sering
dialami oleh Susi. Lalu Pak Ali memberi rambu-rambu tentang terjadinya hujan.
Contoh tersebut merupakan masalah ....
A. pengelolaan kelas
B. pengelolaan pembelajaran
C. mengembangkan latihan
D. mengembangkan media
Jawab :B. Benar, karena dalam pengelolaan pembelajaran ketidaktahuan
menjadi masalah
42. Pada mata pelajaran IPS, Pak Ali ingin para siswa untuk berdiskusi secara
kelompok, sebelum dimulai siswa diharuskan menata bangku setengah lingkaran
agar seluruh peserta diskusi dapat saling memandang, dan semua penjelasan Pak
Ali sebelum diskusi dimulai dapat didengar dengan baik oleh seluruh siswa.
Kegiatan penataan lingkungan fisik kelas tersebut sesuai dengan prinsip ....
A. visibility
B. accessibility
C. flexibility
D. comfortableness
Jawab :C. Benar, karena flexibility artinya barang-barang yang ada di
dalam kelas mudah ditata dan dipindah-pindahkan
43. Pak Ali memberi tugas kepada siswa kelas VI untuk mendiskusikan masalah
terjadinya kesenjangan sosial di masyarakat. Lalu Pak Ali membagi 5 kelompok
dengan jumlah siswa 6 orang per kelompok. Pada saat memanas Ani merasa lebih
pintar lalu mendominasi kegiatan diskusi tersebut. Adi lalu mengambil alih
keadaan tersebut dengan memberikan kesempatan yang lain untuk memberi masukan.
Pengambilalihan oleh Adi merupakan pengaruh psiko-sosial antarsiswa di kelas
dalam hal ....
A. norma
B. kebersamaan
C. persahabatan
D. kepemimpinan
Jawab :D. Benar,karena pengambilalihan yg dilakukan Adi merupakan tugas
seorang pemimpin
44. Pada penerimaan siswa baru di SD Darma Karya, salah satu yang harus
diperhatikan adalah mengambil formulir pendaftaran, dengan peminat yang banyak,
lalu para orang tua mengantri dengan sabar pengambilan formulir tersebut.
Contoh proses penerimaan siswa baru tersebut menunjukkan suatu ....
A. disiplin
B. kesabaran
C. kebudayaan
D. kebiasaan
Jawab :A. Benar, karena disiplin merupakan suatu aturan dan ketaatan
45. Pada pelajaran IPS di kelas V, Budi dan Hasan yang duduk di belakang
berbicara berdua hingga mengganggu proses pembelajaran. Untuk menangani
kejadian tersebut lalu Pak Ali memindahkan Hasan duduk di paling depan.
Tindakan Pak Ali tersebut telah melakukan strategi penanganan disiplin kelas
dalam hal ....
A. menangani gangguan ringan
B. menangani prilaku agresif
C. menangani gangguan berat
D. menangani gangguan sedang
Jawab :B. Benar, karena termasuk dalamperilaku agresif
46. Budi sebagai ketua kelas
diberikan tugas oleh gurunya untuk membuat aturan kelas. Salah satunya adalah
siswa diharuskan sebelum pelajaran dimulai membuat cerita sesuai dengan topik
yang akan dipelajari. Tugas yang diberikan guru tersebut merupakan penanaman
disiplin kelas dalam hal ....
A. aturan secara fleksibel
B. meningkatkan partisipasi siswa
C. menyesuaikan aturan sesuai dengan tingkat perkembangan anak
D. melibatkan guru
Jawab :B. Benar, karena siswa langsung dilibatkan untuk menanamkan disiplin
kelas
47. Arah dari suatu program pembelajaran berupa standar kompetensi, hal
tersebut merupakan komponen perencanaan pembelajaran dalam hal ....
A. tujuan
B. materi
C. strategi
D. penilaian
Jawab :A. Benar, karena merupakan komponen tujuan
48. Dalam penyusunan silabus prinsip yang harus diperhatikan adalah ....
A. bersifat fleksibel
B. berdasarkan kondisi siswa
C. memenuhi kebenaran ilmiah
D. berdasarkan kurikulum yang berlaku
Jawab :C. Benar, karena merupakan salah satu prinsip silabus
49. Sebelum pelajaran dimulai guru mengulang materi yang lalu dan mengadakan
pretes. Kegiatan yang dilakukan guru yang efektif adalah ....
A. menyiapkan materi baru
B. menyediakan balikan
C. melakukan review harian
D. menyediakan koreksi
Jawab :C. Benar, karena guru yg efektif memulai pembelajaran dengan
mereviu materi yg lalu
50. Salah satu ciri kelompok belajar berbasis masalah yang efektif adalah ....
A. belajar secara aktif
B. kerjasama antardisiplin
C. peranan pengajar
D. belajar mandiri
Jawab :A. Benar, karena belajar secara aktif merupakan salah satu ciri
kelompok belajar berbasis masalah
Semoga berhasil
sumber: http://biohikmah.blogspot.co.id/2015/11/bocoran-soal-pedagogik-ukg-2015.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar